KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI

Main Authors: Ridwan, Muhammad, Mukhtar, , Hidayat, Hidayat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/171/1/Disertasi%20Muhammad%20Ridwan%20-%20Aisyah%20Siregar.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/171/
Daftar Isi:
  • Kepemimpinan transformasional kepala madrasah seharusnya memberi efek positif kepada pengelolaan pendidikan karakter karena perilaku idealisnya, motivasinya, mendorong bawahan untuk kreatif dan inovatif serta sangat memahami dan menghargai bawahan, tapi mengapa kepemimpinan transformasional kepala madrasah belum optimal dalam melakukan pengelolaan pendidikan karakter di MAN Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perilaku yang menyebabkan kepemimpinan transformasional belum optimal dalam melakukan pengelolaan pendidikan karakter di MAN Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengkoleksi data, mereduksi data, penyajian data dan terakhir verifikasi data. Hasil penelitian; Perilaku yang menyebabkan kepemimpinan transformasional kepala madrasah belum optimal dalam melakukan pengelolaan pendidikan karakter di MAN Provinsi Jambi adalah; 1).Terlalu toleransi atas ketidakmampuan bawahan. 2).Belum dapat melakukan komunikasi persuasif. 3).Belum mampu meningkatkan kemampuan terus-menerus. 4).Belum dapat merubah potensi menjadi energi nyata. Gaya kepemipinan yang diimplemetasikan oleh kepala MAN Provinsi Jambi dengan beberapa perilaku berikut; 1).Pembaharu, 2).Memberi teladan, 3).Mendorong kinerja bawahan, 4).Mengharmoniskan lingkungan kerja, 5).Memberdayakan bawahan, 6).Bertindak atas sistem nilai, 7).Meningkatkan kemampuannya terus-menerus, 8).Mampu menghadapi situasi yang rumit. Pengelolaan pendidikan karakter yang dilakukan adalah; dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam perencanaan program, pelaksanaan oprasional program serta pengawasan dan evaluasi, strategi pelaksanaanya terintegrasi dalam proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembudayaan atau pembiasaan. Kesimpulan penelitian; Kepemipinan transformasional kepala madrasah Aliyah provinsi jambi belum optimal dalam mengelola pendidikan karakter, namun konten penanaman nilai-nilai karakter berjalan dengan alami seiring dengan berjalannya sistem pembelajaran di madrasah yang memang berbasis karakter Islami.