PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

Main Authors: ANNISA, TM151191, Idarianty, Idarianty, Badariah, Badariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1699/1/ANNISA%20%28SKRIPSI%29-BOOKMARK%20-%20annisa%20nasution.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1699/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan menggunakan desain Postest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random.. Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 70,91 dan standar deviasinya 10,65 sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 56,06 dan sandar deviasinya 11,76. Kemudian dari data tersebut dilakukan uji “t” didapat t_hitung=5,04 dan setelah membandingkan antara t_hitung dengan t_tabel ternyata t_hitung>t_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau 2,00<5,04>2,65. Dengan demikian Hipotesis alternatif (H_a) diterima dan (H_o) ditolak. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi.