PEMBELAJARAN TEMATIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA PROF. DR.SRI SOEDEWI MASJCHUN SOFWAN, SH KOTA JAMBI

Main Authors: ROSMIDA, TPG. 151722, Hakim, Lukman, Sari, Sri Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1692/1/ROSMIDA%20-%20Ros%20Aja.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1692/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus Tunanetra di Sekolah luar biasa Prof.Dr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. Pembelajaran tematik di Sekolah Luar biasa (SLB) di kelas Tunanetra disini Sudah menerapkan kurikulum 2013 yang dikemas dalam bentuk tematik, hanya saja ada kurikulum khusus yang diterapkan di kelas ini yang bernama PROGRAM KHUSUS yaitu mobilitas dan orientasi. Pada dasarnya kurikulum yang digunakan di SLB ini sama dengan kurikulum di SD umum, hanya saja untuk kompetensi dasar (KD) di SLB lebih menyesuaikan terhadap kemampuan dari peserta didik. Kompetensi dasar (KD) untuk anak SDLB lebih menyesuaikan kepada ketunaannya, dan setiap ketunaan memiliki Kompetensi dasar (KD) yang berbeda-beda Misalnya kompetensi dasar (KD) berhitung di ganti dengan Mengenal angka atau Huruf Abjad. Sedangkan terdapat kendala pada siswa yang mana siswa tidak melalui tingkat pertama sekolah dasar SLB sehingga guru kesulitan melanjutkan tahap pembelajaran yang meski mereka terima. Sehingga membutuhkan guru yang lulus pendidikan luar biasa (PLB) agar mampu menyesuaikan dengan permasalahan tersebut. Tapi pada kenyataan nya di sekolah tersebut masih kekurangan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneliti ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : 1)Proses pembelajaran anak Tunanetra di Sekolah luar biasa Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan,SH Kota Jambi mengunakan huruf Braille. 2) Kendala atau Problematika yang dihadapi oleh guru yaitu yang pertama problematika dari siswa, kedua Guru, ketiga rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP), ke empat media pembelajaran, kelima Sarana dan Prasarana. 3) Upaya atau Solusi untuk mengatasi Kendala yang terjadi yaitu dari Siswa, berusaha memberi kesadaran kepada orang tua tentang pendidikan bagi anak Tunanetra, dari Guru berusaha merekrut guru sesuai dengan bidangya, guru akan mengikuti pelatihan kurikulum 2013 tentang RPP, dari media pembelajaran guru akan berusaha sekreativ mungkin dan dari Sarana prasarana, pihak sekolah akan berusaha memenuhi semua fasilitas-fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran.