PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL FALAH KABUPATEN SAROLANGUN
Main Authors: | NERRI ASPIPA, TM. 151254, Jamil, Zawaqi Afdhal, Meslita, Rima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1610/1/Tm151254.%20Nerri%20Aspipa.%20Matematika%20-%20neri%20aspipa.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1610/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah Kabupaten Sarolangun. Pokok masalah penelitian ini pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurang aktifnya proses pembelajaran dan tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 orang siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 19 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi di kelas eksperimen adalah 95 dan skor terendah 65 dengan rata-rata 81,89, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 85dan terendah 50 dengan rata-rata 66,73. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh = 5,079 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh dan taraf signifikan 1% = 2,426 dengan demikian 1,685 < 5,079 > 2,426. Sehingga diterima, artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model Pair Check dengan yang tidak menggunakan model Pair Check.