PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI

Main Authors: SITI SYAFANATUN NABILA, TB.151050, Muhammad, Habib, Safita, Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1608/1/SITI%20SYAFANATUN%20NABILA%20NIM.%20TB151050%20JURUSAN%20TADRIS%20BIOLOGI-min%20-%20syafanatun%20nabila.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1608/
Daftar Isi:
  • Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum memperoleh Skor nilai tertinggi 96, skor nilai terendah 52, dengan rata-rata 71,36. Sedangkan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak menggunakan model pembelejaran Quantum Learning memperoleh skor nilai tertinggi 80, skor nilai terendah 40, dengan rata-rata 62,08. Hal ini juga dibuktikan dari penerapan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII terdapat pengaruh yang sangat signifikan antar model pembelajaran quantum terhadap pemahaman konsep biologi siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak yaitu Xhitung Xtabel (0,142 0,173) dan (0,093 ). Peneliti menemukan bahwa model pembelajaran quantum learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa