PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI
Main Authors: | Rini Ade Fitria, TPG.151717, Armida, Armida, Tabroni, Tabroni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1605/1/RINI%20ADE%20FITRIA%20-TPG151717%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1605/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggambil latar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group inestigation pada tema organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes secara langsung dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan II dengan nialai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45,5% dan siklus II sebesar 72%. Sedangkan hasil tes peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran tematik dapat diukur dari setiap siklusnya, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% (belum mencapai KKM), dan hasil belajar tematik siswa pada siklus II sebesar 79% (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.