STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN BERDASARKAN ILMU TAJWID DI MADRASAH TSANAWIYAH SUBULUSSALAM KECAMATAN MENDAHARA KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR
Main Authors: | HASNAH, TP.151362, Aziz, Nur Azmi, Julis, Dailami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1602/1/TP.151362_HASNAH_PAI%20-%20Hasnah%20Jambi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1602/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid di MTs Subulussalam Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan kualitatif yang dilihat dari sudut pandang pendidikan, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan analisis model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, displey data dan verifikasi/kesimpulan, selanjutnya teknik pemeriksaan keabsahan data secara triangulasi yakni metode sintesa data terhadap kebenarannya dengan menggunakan metode pengumpulan data yang lain. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa. A. Kondisi Baca Tulis AlQur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas VIII di MTs Subulussalam Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur dapat diukur dengan cara 1) Guru melakukan tes membaca dan menulis al-Qur’an kepada siswa 2) Kondisi baca tulis al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid. B. Kendala yang Dialami Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas VIII di MTs Subulussalam Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur diantaranya: 1) Perubahan Kurikulum 2) Tingkat Intelegensi siswa, dan 3) Jam belajar siang. C. Strategi dan Hasil yang Dicapai oleh Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas VIII di MTs Subulussalam Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur diantaranya: 1) Menyelipkan pemahaman tentang tajwid pada materi-materi yang lain 2) Memberi keringanan pada siswa yang intelegensinya rendah 3) Menerapkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan pujian/hadiah.