STRATEGI PENGURUS BIDANG PENGAJARAN DALAM MEMBINA TAHFIDZ MAHASANTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
Main Authors: | IKHWAL NUL IHSAN, TP.151370, Madani, Ahmad, Hasanah, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1597/1/SKRIPSI%20IKHWAL%20NUL%20IHSAN%20-%20Jack%20Hurley.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1597/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Strategi pengurus bidang pengajaran dalam membina tahfidz Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah menggunakan metode Qiro’ati, Tasmi’, Ujian, Motivasi, dan Musabaqah Hifzil Qur’an. Dan adapun faktor pendukung dan penghambat bagi pengurus bidang pengajaran dalam membina kegiatan tahfidz Al-Qur’an bagi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah. Pertama faktor pendukung; adanya niat mahasantri dan dorongan yang kuat dari teman dan Musammi’ bagi mahasantri dalam menghapal, adanya ketentuan wajib tahfidz/Juz Amma dari pihak UIN STS Jambi sebagai salah satu syarat Munaqasah/ujian Skripsi, adanya hukuman (botak) yang diberlakukan bagi mahasantri yang tidak mencapai target dari Ma’had Al-Jami’ah, adanya Musabaqah Hifzil Qur’an di akhir smester genap, dan adanya partisipasi atau peran saudara, orang tua, dan orang-orang terdekat dari mahasantri sehingga mereka merasa mendapatkan dukungan yang besar untuk menjadi seorang hafidz. Kedua Faktor Penghambat ; Niat yang belum ikhlas dan masih bercampur dengan niat lainnya, manajemen waktu yang kurang baik, lingkungan dan tempat tinggal yang kurang mendukung (kodusif), Pikiran dan hati yang sering terkotori oleh kemaksiatan, kurangnya mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an (Muroja’ah), Perkembangan elektronika dan asmaranisasi.