PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH TELANAIPURA KOTA JAMBI
Main Authors: | RATU BALQIS LULU’I, TPG141152, Muhsinin, Umil, Mukminin, Amirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1592/1/RATU%20BALQIS%20LULU_I-TPG141152%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1592/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan media audio visual mempunyai peranan yang sangat penting yaitu dapat memberikan banyak manfaat asalkan guru berperan aktif dalam proses pembelajaran. Skripsi ini membahas tentang penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI dilakukan dengan tahap pra tindakan, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V pada mata SKI tergolong rendah. Nilai rata-rata kelas mencapai 53,1% dengan ketuntasan belajar sebesar 24%. P ada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 63,2% s edangkan ketuntasan belajar sebesar 56%. P ada siklus II, dengan adanya perbaikan dan modifikasi materi yang akan ditampilkan menggunakan media audio visual, disertai manajemen pembentukan kelompok dan pemberian reward, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,4% dengan ketuntasan belajar sebesar 88%. Prestasi belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena dari ≤70% siswa sudah mencapai KKM sehingga dampaknya sangat dirasakan bagi siswa dengan meningkatnya motivasi belajar siswa.