PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPENDAPAT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI
Main Authors: | Deswani, Desi Amalia, Widdah, Minna El, Nugroho, Aris Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/159/1/DESI%20AMALIA%20DESWANI%20TPG141085%20-%20rani%20amalia%20deswani.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/159/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berpendapat melalui model pembelajaran berbasis multiple intelligence dalam meningkatkan kreativitas berpendapat pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas IV SD Negeri 116/IV Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Multiple Intellegence dapat meningkatkan kreativitas berpendapat siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata, pada pra siklus, siklus I, siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu nilai rata-rata pra siklus siswa 56,14, nilai rata-rata evaluasi siklus 1 siswa meningkat 4,63 dengan rata-rata 60,77 dan pada nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 11,02 dengan rata-rata 71,79.