KECAKAPAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KOTA JAMBI
Main Authors: | MALIKAL BULKIS HADI, MMP 1622658, Maisah, Maisah, Jalaludin, Jalaludin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1573/1/MMP1622658%20MALIKAL%20BULKIS%20HADI.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1573/ |
Daftar Isi:
- Kecakapan kepala sekolah dalam penelitian ini difokuskan pada kajian upaya-upaya konstruktif manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 kota Jambi. Indikator yang kemudian akan dibangun dalam penelitian ini adalah produk kinerja yang dihasilkan oleh guru dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi produktivitas kerja guru melalui langkah-langkah manajerial kepala sekolah yang terukur selaku top leader di sekolah tersebut. Kegunaan dari hasil penelitian ini untuk melihat bagaimana kecakapan kepala sekolah dalam mengembangkan dan meningkatkan produktivitas kerja guru dalam kegiatan belajar, guna mewujudkan pendidikan yang mencerdaskan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan dukungan data-data dan fakta yang empiris yang relevan. Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian adalah bagaimana bentuk produktivitas kerja yang ditampilkan guru dalam kegiatan pendidikan di SMPN 11 kota Jambi, pola kecakapan apa saja yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMPN 11 kota Jambi, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru di SMP 11 kota Jambi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai konklusi, yaitu: (1) pola kecakapan kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerja guru meliputi: pemberian kesempatan yang luas kepada guru untuk mengikuti diklat pengembangan SDM di luar kampus, pembinaan berkelanjutan, dan pengembangan media pembelajaran. (2) kendala dan hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas kerjaga guru terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal. (3) upaya konstruktif kepala sekolah dalam meningkatkan produktivitas pembelajaran guru di SMPN 11 kota Jambi adalah membentuk tim advisory council yang terdiri dari beberapa guru senior, membangun kerja sama dengan pihak dan instansi terkait guna peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru, serta membangun komunikasi dua arah (paralel) dengan seluruh elemen sekolah.