PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI
Main Authors: | UMMATUN NAFIāAH, TB.151061, Risnita, Risnita, Gusriani, Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1553/1/SKRIPSI%20UMMA%20-%20Ummatun%20Nafiah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1553/ |
Daftar Isi:
- Dari hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen aspek kognitif sebesar 76,53, aspek afektif 76,78, dan aspek psikomotor sebesar 58,87. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 68,88, aspek afektif sebesar 69,6 dan aspek psikomotor sebesar 54,46. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa, aspek kognitif t(hitung) t(tabel) yaitu 2,55 2,00, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Aspek afektif dengan nilai t(hitung) t(tabel) yaitu 2,25 2,00, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar afektif siswa. aspek psikomotor dengan nilai t(hitung) t(tabel) yaitu 2,41 2,00, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar psikomotor siswa. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa MTs Laboratorium Kota Jambi.