HUBUNGAN ANTARA PRESEPSI SISWA TENTANG IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM JAMBI

Main Authors: ABDURRAZAK, TB. 150918, Alfian, Alfian, Novalyan, Devie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1540/1/ABDURRAZAK_TB150918_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Rifna%20Saman.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1540/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara presepsi siswa tentang iklim kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi yang di ambil dengan menggunakan proportional random sampling yang berjumlah 115 orang. Instrumen yang di gunakan : (1) uji validitas angket (2) uji reabilitas hasil penenelitian menunjukkan bahwa Motivasi uji korelasi antara variabel iklim kelas (X) dan motivasi belajar siswa (Y) diperoleh harga rhitung sebesar 0,529. Setelah dikonsultasikan dengan harga rtabel, ternyata rhitung (0,529) tersebut rtabel pada taraf signifikan 1% yang diperoleh adalah sebesar 2,361. Sehingga dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi.