PROBLEMATIKA GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III B SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI
Main Authors: | ROSILAH, TPG.151721, Shalahuddin, Shalahuddin, Tabroni, Tabroni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1523/1/TPG151721_Rosilah_PGMI%20-%20deal%20project.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1523/ |
Daftar Isi:
- Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : 1) Problematika yang terjadi dalam pembelajaran tematik adalah kesulitan guru dalam menjabarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator terutama dalam hal menentukan kata kerja operasional yang tepat. Selain itu juga guru kesulitan dalam mengembangkan tema dan contoh tema tidak selalu sesuai dengan kondisi lingkungan belajar siswa. 2) problematiaka guru pada pelaksanaan pembelajaran adalah Guru sulit dalam mengondisikan kelas,Guru mengalami kesulitan dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran dalam pembelajaran tematik, Guru mengalami kesulitan dalam memanajmen waktu, ketidak aktifan dan ketidak antusias siswa dalam proses pembelajaran; metode kurang bervariasi, penggunaan media yang terlalu sederhana, kesulitan dalam penilaian. keterbatasan pengetahuan guru mengenai pembelajaran tematik itu sendiri, sehingga berdampak pada ketidak munculan beberapa karakteristik pembelajaran tematik. 3) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru ataupun pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran tematik permasalahan proses Guru berupaya mengkomunikasikan permasalahan proses pembelajaran pada guru-guru sejawat lainnya secara terbuka, Kepala sekolah sudah berupaya meningkatkan kualitas guru dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, Guru belum mengkomunikasikan kesulitannya dengan pihak luar. Guru masih mengatasi sendiri hambatan pembelajaran, Guru pernah berupaya berkonsultasi dengan kelompok guru KKG.