PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Main Authors: MISLIANA, TB. 150996, Musyaddad, Kholid, Safita, Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1438/1/MISLIANA%20TB150996%20-%20Mis%20liana.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1438/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena melihat rendahnya hasil belajar biologi siswa yang masih menggunakan metode konvensional. tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa di madrasah aliyah laboratorium kota jambi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimen dan bentuk desain Posstest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji “t” maka nilai “t” yang diperoleh adalah 8,417 dan lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikan 5% maupun dari taraf 1% artinya 2,02 < 8,417 > 2,69, maka Ha (hipotesis alternative) diterima artinya terdapat pengaruhnya yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa di madrasah aliyah laboratorium kota jambi. sedangkan hasil ukuran Effect Size termasuk kategori tinggi yaitu artinya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa masuk kriteria tinggi.