PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 TEBO

Main Authors: HASAN FIRDAUS, TB.150967, Surayya, Elly, Nofriadi, Nanang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1370/1/Hasan%20Firdaus%20%28Tb.150967%29%20_Tadris%20Biologi%20-%20Jupri%20Firdaus.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1370/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Penerepan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran biologi pada konsep Sistem Gerak dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerepan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi sistem gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pada Pra-siklus adalah 51,4 dengan persentase keberhasilan 23,3%, pada siklus I 63,36 dengan persentase keberhasilan 50%, sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 72,5 dengan persentase keberhasilan 76,6%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.