PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWWARAH KOTA JAMBI

Main Authors: FEBRY EKA PRASETYA KHAIRANI, TPG.151671, Hakim, Lukman, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1366/1/FEBRY%20EKA%20PRASETYA%20KHAIRANI-TPG151671%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1366/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang kritis dalam menanggapi suatu materi, siswa yang cenderung hanya mengikuti langkah demi langkah apa yang diajarkan pada dirinya pada proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika, dan keterampilan berpikir kritis siswa yang belum terlihat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil objek penelitian di sekolah MI Al-Munawwarah Kota Jambi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi teknik metode gabungan (Mixed Methods Research). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan pada siklus I mencapai 58,4% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Sejalan dengan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan open ended, hal serupa terjadi pada tes keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes keterampilan berpikir kritis di akhir siklus I, diperoleh hasil dari aspek mencari alasan siklus I sebesar 77% dan pada siklus II mencapai 88%. Dari aspek memakai sumber yang kredibilitas siklus I sebesar 79% dan pada siklus II mencapai 94%. Dari aspek mencari alternatif siklus I sebesar 70% dan pada siklus II mencapai 88%. Dari aspek bersikap dan berpikir terbuka siklus I sebesar 62% dan pada siklus II mencapai 82%. Serta aspek bersikap secara sistematis dan teratur siklus I sebesar 62% dan pada siklus II mencapai 82%. Berdasarkan hasil akhir tes keterampilan berpikir kritis secara keseluruhan pada pra siklus diperoleh rata-rata presentase sebesar 54,6% dengan kategori cukup kritis, pada siklus I diperoleh rata-rata presentase sebesar 70%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata presentase sebesar 86,8% dengan kategori sangat kritis. Kata Kunci: Pendekatan