PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI
Main Authors: | Erni Lestari, TM. 151212, El Hilali, Husni, Rapiko, Rapiko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1361/1/Erni%20Lestari%20TM151212%20Tadris%20Matematika%20-%20Erni%20lestari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1361/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada materi Statistika di kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kota Jambi yang memiliki kemampuan Pemecahan Masalah matematis rendah yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 130 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh . Dan hasil dari perhitungan korelasi diperoleh . Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi. hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran matematika.