PENGARUH BRAND IMAGE DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK (SURVEI PADA PENGGUNA KOSMETIK DIKOTA JAMBI)

Main Authors: YULIANA SARI, EES150910, Dja'far, Halimah, Habibah, G.W.I Awal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1355/1/EES150910%20YULIANA%20SARI%20-%20BAHARI%20KOMPUTER.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1355/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui survei pada pengguna kosmetik di kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dari masyarakat yang menjadi pengguna kosmetik. Teknik pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara secara acak dan tidak terstuktur. Berdasarkan olah data penelitian didapatkan hasil untuk setiap variabel secara parsial dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 5%, dimana brand image (X1) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, dan label halal (X2) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. maka telah memenuhi syarat untuk menjadi variabel pendukung terhadap keputusan pembelian. Artinya kedua variabel yang diteliti ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pengguna kosmetik. Variabel yang paling berpengaruh adalah brand image dengan hasil uji sumbangan efektif (SE%) adalah 34%. Selanjutnya, dengan menggunakan uji f didapatkan hasil bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan, dimana 0,000 < 0,05. Dan terakhir hasil perhitungan koefesien determinasi menunjukkan bahwa keseluruhan variabel dependen yaitu yaitu brand image (X1), label halal (X2), dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 59,5%, sisanya 40,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.