ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA TEPUNG PISANG DESA TURE

Main Authors: UTARI PRADITA SARI, EES 150895, Madjid, Nazori, Baining, Mellya Embun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1353/1/EES150895_UTARI%20PRADITA%20SARI_EKONOMI%20SYARIAH%20-%20Pradita%20Utari.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1353/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan strategi pemasaran usaha tepung pisang yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats) pada Usaha Tepung Pisang Desa Ture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran usaha tepung pisang desa ture apabila dilihat mengunakan analaisis SWOT mempunyai cukup kekuatan dan peluang yang baik meskipun harus tetap waspada terhadap ancaman dan kelemahan yang ada dan analisis SWOT dalam prespektif islam dalam hal modal tidak mengunankan peminjaman yang mengunakan bunga, telah memiliki sertifikasi halal. Strategi pemasaran yang dilakukan usaha tepung pisang ini pun telah efektif dan efesien dalam menerapkan startegi pemasarannya dan menampilkan keunggulan dan kualitas bahan baku utama, memaksimalkan kekuatan pasar yaitu dengan memasukan produk ke toko maupun swalayan besar serta menjual diacara bazar ataupun pameran, promosi yang dilakukan oleh Usaha Tepung Pisang Desa Ture adalah promosi masih seadanya seperti brosur, atau menawarkan secara langsung kepada konsumen-konsumen baru, dan hanya mencantumkan nomer telpon pada label tepung pisang.