PENGARUH FITUR DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA JAMBI

Main Authors: Sunanto, EES.150883, Sucipto, Sucipto, Habibah, G.W.I Awal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1352/1/EES150883_SUNANTO_EKONOMIISLAM%20-%20nanto%20putra.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1352/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin tingginya perkembangan teknologi Smartphone di Indonesia sehingga berbagai macam merek yang di tawarkan produsen sehingga terjadi persaingan kompetitif menjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi pengguna Smartphone Xiaomi di Kota Jambi, Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability yakni teknik sampling insidental, yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuesioner online. Berdasarkan olah data penelitian dengan menggunakan uji F didapatkan hasil bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan, dimana 0,000 < 0,05. Selanjutnya untuk setiap variabel secara parsial dengan tingkat signifikansi yang lebih kecil dari 5%, dimana Fitur (X1) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010 < 0,05, Persepsi Harga (X2) sebesar 0,023 < 0,05 maka telah memenuhi syarat untuk menjadi variabel pendukung terhadap keputusan pembelian. Dan dari hasil perhitungan koefesien determinasi menunjukkan bahwa keseluruhan variabel dependen Fitur(X1) dan Persepsi Harga (X2) dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 52%, sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel Fitur dengan nilai sumbangan efektif 28% dan Sumbangan efektif pada variabel Persepsi Harga sebesar 24%.