PENGARUH DIGITALISASI BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Main Authors: Siti Zawiyah, EES. 150879, Pangiuk, Ambok, Baining, Mellya Embun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1350/1/EES150879_SITI%20ZAWIYAH_EKONOMI%20SYARIAH_compressed%20-%20te%20zawiyah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1350/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan digital Bank Syariah Mandiri terhadap kepuasan nasabah baik secara parsial, maupun secara simultan yang dilihat menggunakan dimensi E-Servqual yaitu Efficiency, reliability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation, contact). Namun, pada dimensi compensation tidak dapat digunakan karena belum ada pelaksanaannya pada perbankan di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang didapat langsung dari jawaban 100 responden yang merupakan nasabah Bank Syariah Mandiri yang menggunakan fasilital layanan Elektronik Bank seperti ATM, BSM Net Banking, SMS Banking, dan Mobile Banking. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Efficiency, fulfillment, dan contact memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dari nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel 1,661. Variabel yang mendominasi terhadap pengaruh kepuasan nasabah adalah variabel Contact. Adapun Variabel privacy, dan responsiveness tidak memiliki pengaruh karna Thitung lebih kecil dari Ttabel. Sedangkan pada hasil uji simultan, keenam variabel secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung sebesar 29,139. Pada uji koefisien determinasi (R2), variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 65,3% variasi variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 34,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.