MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA SMA PURNAMA 2 KOTA JAMBI
Main Authors: | HERI YANTO, MPA162480, Yamin, Martinis, Musa, Musa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1307/1/HERI%20YANTO_MPA%20162480_PASCASARJANA%20-%20BAHARI%20KOMPUTER.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaborasi. Populasi penelitian adalah siswa SMA Purnama 2 Kota Jambi yaitu kelas XI yang berjumlah 18 orang anak dan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 60 dengan kategori kurang disiplin. Pemberian tindakan pada siklus selanjutnya mampu meningkatkan kedisiplinan siswa menjadi sebesar 76,67 termasuk kriteria cukup disiplin . kedisiplinan siswa sebesar 69,6 dengan kategori kurang disiplin dengan persentase minimal cukup disiplin adalh 65%. Pada siklus II kedisiplinan siswa meningkat menjadi sebesar 79,56 dengan kategori cukup disiplin dan persentase dari keseluruhan siswa minimal cukup disipin adalah 90%. Pemberian tindakan pada siklus III mampu meningkatkan kedisiplinan siswa menjadi sebesar 86,5 dengan kategori disiplin dan persentase siswa minimal cukup disiplin adalah 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model jigsaw dapat meningkatkan kedisiplinan belajar agama pada siswa SMA Purnama 2 Kota Jambi, model jigsaw dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar agama pada siswa.