PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 129/IX PETANANG KECAMATAN KUMPEH ILIR KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | IMAM AGUS FAISAL, TPG. 121041, Tabroni, Tabroni, Ulfah, Siti Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1299/1/imam%20agus%20faisal.%20TPG%20121041%20-%20imam%20agus.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1299/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi direct reading thinking activites pada kelas v sekolah dasar negeri 129/IX petanang kecamatan kumpeh ilir kabupaten muaro jambi belum diterapkan secara maksimal. (2) kendala-kendala yang dihadapi guru pada proses pembelajaran pada kelas V di sekolah dasar negeri 129/IX desa petanang meliputi (a) kendala dari siswa, (b) kendala dari guru, (c) kendala dari pembuatan RPP, (d) kendala dari sarana dan prasarana. (3) Adapun solusi yang ditempuh guru dalam mengatasi kendala tersebut, yaitu (a) komunikasi dengan para orang tua sangatlah penting karena orang tua juga ikut membantu dan memperhatikan dalam proses tingkat kemajuan belajar siswa. (b) adanya pendidikan dan pelatihan, seminar atau workshop yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru, diskusi dengan para guru kelas serta mengadakan pembahasan dalam kelompok kerja guru (KKG) baik di sekolah dasar (SD) maupun di Madrasah. (c) pada masa mendatang diupayakan buku penunjang tambahan yang memuat bahan ajar yang sesuai dengan proses belajar mengajar. (d) pentingnya kreatifitas guru untuk menggunakan metode, media yang sesuai dengan pembahasan materi.penelitian ini menyarankan guru menerapkan strategi direct reading thingking aktivites karna dapat menciptakan proses pembajaran yang lebih baik lagi, dalam hal ini dapat dilihat karena meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada beberapa siklusnya.