ETIKA PEDAGANG MUSLIM DI KAWASAN PONDOK PESANTREN AL FATAH KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN

Main Authors: Wiwin Fauziah, EES.150903, Yusuf, Maulana, Addiarrahman, Addiarrahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1278/1/BOOKMART%20WIWIN%20FAUZIAH%20%28EES%20150903%29%20-%20Ning%20Wiwin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1278/
Daftar Isi:
  • Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilainilai Islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran, sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Nilai etik, moral, susila atau akhlak adalah nilai-nilai yang mendorong manusia menjadi pribadi yang utuh. Seperti kejujuran, kebenaran, keadilan, kemerdekaan, kebahagiaan dan cinta kasih. Apabila nilai etik ini dilaksanakan akan menyempurnakan hakikat manusia seutuhnya. Pemahaman pedagang dikawasan pondok pesantren Al Fatah tentang etika bisnis Islam dalam aktifitas pandangannya masih sangat kurang. Hal ini dilihat dari hasil wawancara yang menyatakan bahwa mereka mengerti arti lain dari etika seperti perilaku, sifat ataupun moral. Penerapan atau pelaksanaan dalam etika bisnis di kalangan pedagang belum sesuai dengan harapan, karena setelah penelitian melakukan wawancara hasil yang di dapatkan tidak sesuai dengan tindakan yang dilakukan ketika berdagang. Sedangkan dampaknya bagi masyarakat yaitu tercemarnya udara karena tidak adanya pembuangan limbah, Kendala yang dialami oleh pedagang rata-rata kurangnya modal, lahan yang sempit, dan kurangnya promosi. akan tetapi solusi yang seharusnya adalah pedagang tetap harus mengerti bagaimana etika bisnis berjalan sesuai dengan ajaran Rasulullah (Siddiq. Amanah, Tabliqh, Fathanah) dan di dapat dari pendidikan non-formal dari pondok pesantren tentang etika bisnis Rasulullah Saw.