PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI
Main Authors: | DIAN WULANDARI, TPG.151660, Ahmad, Saidah, Fatmawati, Kiki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1253/1/DIAN%20WULANDARI%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1253/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan roda keberuntungan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi, mengetahui validitas dan efektifitas media tersebut, serta mengetahui perbedaan tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menurut model Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desaian produk, v alidasi desain, revisi desain, uji coba produk, re visis produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran permainan roda keberuntungan yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan konsep bermain sambil balajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan roda keberuntungan yang dikembangkan menggunakan model Borg and Gall sudah dikatakan valid. Tingkat kevalidan media permainan roda keberuntungan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaiain: (1) ahli pembelajaran tematik diperoleh presentase skor sebesar 89, 23% dengan kriteria sangat valid, (2) ahli media dan desain diperoleh presentase sebesar 90,76% dengan kriteria sangat valid, (3) ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,85% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kevalidan media oleh siswa uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 96,33% de ngan kriteria sangat valid dan uji coba lapangan diperoleh presentase sebesar 96,2%, serta memiliki tingkat efektifitas sebesar 93, 33%.