MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KEDEMANGAN MUARO JAMBI

Main Authors: DEWI RIYANTI, TF 151080, Junaidi, Muhammad, Rahim, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1251/1/DEWI%20RIYANTI%20TF.151080%20-%20Dewi%20Riyanti.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1251/
Daftar Isi:
  • Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kedemangan Muaro Jambi. Karena demikian hal ini ditunjukkan dari hasil tes yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Meningkat rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus gain rata-rata ternormalisali yaitu sebesar 0,79 atau 79%. Peningkatan hasil belajar ini termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.