FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MUSLIM DI TALANG BANJAR KOTA JAMBI: PREFERENSI ATAU ETNISITAS ?

Main Authors: AHMAD FIQI SOLEHUDDIN, EES150570, Abdi, Fathuddin, Baining, Mellya Embun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1211/1/ahmad%20fiqi%20solehuddin%20EES%20150570%2C%20FEBI%2C%20Jurusan%20Ekonomi%20Syariah%20-%20ahmad%20fiqi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1211/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keputusan pembelian pada konsumen muslim di talang banjar kota jambi dari sudut pandang faktor preferensi dan etnisitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah para konsumen yang ada di Talang Banjar kota Jambi. Analisis yang digunakan adalah analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponesial dan analisis trianggulasi untuk mengecek keabsahan data penelitian. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur teori keputusan pembelian yang di ambil dari sudut pandang faktor preferensi dan etnisitas yang ditarik menjadi beberapa aspek diantaranya faktor preferensi yaitu aspek harga, aspek ukuran dan aspek bentuk lalu faktor etnisitas dilihat dari aspek karakteristik biologis dan fisik, aspek ciri-ciri kepribadian dan aspek nilai dan norma budaya. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwasanya faktor Preferensi sangat mendominasi keputusan pembelian konsumen muslim dibandingkan dengan faktor Etnisitas di Talang Banjar Kota Jambi.