MANAJEMEN LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI DI ERA REVOLUSI 4.0
Main Author: | Zulqarnain, Zulqarnain |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1105/1/43.%20Zulkarnain_Manajemen%20Layanan%20Pendidikan_hal.453%E2%80%93462.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1105/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan kepada mahasiswa adalah satu contoh dari sekian banyak pelayanan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada stake holdernya. Pelayanan kepada stakeholder ini harus di jadikan prioritas utama oleh sebuah perguruan tinggi. Mengingat sekarang ini persaingan antarperguruan tinggi semakin ketat. Untuk menjaga kelangsungan hidup perguruan tinggi, salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Melalui peningkatan pelayanan kepada stakeholder akan berdampak positif kepada perguruan tinggi tersebut. Ending dari peningkatan pelayanan adalah stakeholder mendapatkan kepuasan. Kepuasan terhadap pelayan akan berdampak positif, khususnya kepada peningkatan kemampuan dan kinerja mahasiswa setelah meneyelesaikan studinya. Persoalan penting yang harus dipahami dan dilakukan oleh perguruan tinggi adalah bagaimana meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasanya atau stake holdernya. Ini penting dilakukan, karena kepuasan stakeholder adalah tujuan dari peningkatan pelayanan. Pengaruh dari hal ini adalah meningkatnya pengguna jasa dari perguruan tinggi. Jika pengguna jasa meningkat, maka bisa dipastikan perguruan tinggi tersebut akan mengalami kemajuan luar biasa.