MENEGUHKAN JATIDIRI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Author: Padli, Muhamad
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1088/1/28.%20Muhamamd%20Padli_Meneguhkan%20Jatidiri%20Pendidikan%20Islam_hal.301%E2%80%93310.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1088/
Daftar Isi:
  • Pemaparan tulisan ini berupaya memberikan tawaran solutif, konstruktif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri, hal tersebut dimaksudkan agar pendidikan Islam tidak ketinggalan selain itu juga sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas dalam pendidikan Islam di era disrupsi.