PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BARU BAGI DOSEN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0
Main Author: | Indrawan, Irjus |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1085/1/25.%20Irjus%20Indrawan_Peningkatan%20Kemampuan%20Literasi%20Baru_hal.269-280.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1085/ |
Daftar Isi:
- Revolusi industri 4.0 merupakan lahirnya teknologi digital yang berdampak terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia. Revolusi industri memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, pendidikan, ekonomi, industri, dan pemerintah. Era digital sebagai nama lain dari perkembangan Revolusi Industri 4.0 menjadi pendorong kemajuan teknologi, termasuk kemajuan dibidang pendidikan. Kemajuan tersebut semakin memudahkan dalam memenuhi kebutuhan pengetahuannya dengan mencari, mengevaluasi, mengatur, dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, Dosen di PTKI dituntut harus mampu beradaptasi terhadap Revolusi Industri 4.0. Salah satu sikap yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi dalam penerapan pola pembelajaran. Oleh karena itu PTKI untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen yang dimilikinya. Dalam menghadapi revolusi industri dosen juga harus mengikuti program kompetensi inti yang sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0. Dosen dituntut untuk melek akan perkembangan teknologi sehingga dosen harus merubah pola mengajar dari sistem yang lama kesistem yang baru dengan kata lain dosen harus merubah pola mengajar literasi lama ke pola mengajar literasi baru dan senantiasa meningkatkan kompetensinya.