PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI
Main Authors: | Hamidunsah, TB100467, Risnita, Risnita, Novalyan, Devie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1042/1/TB.%20100467_Hamidunsah_Biologi%20-%20hamidunsah%2093.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1042/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang mempengaruhi Aktivitas belajar IPA Terpadu siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi adalah rendahnya Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, kurang mampu menghubungkan antara pengetahuan dengan masalah yang diberikan dan banyak siswa yang bosan dengan mempelajari IPA Terpadu karena tidak ada pembaharuan model pembelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design dengan menggunakan desain posttest only control group design. Teknik sampling yang dilakukan dalam penelitian ini cluster random sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data pada kelas Eksperimen setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square memperoleh skor tertinggi 92, terendah 65, dan rata-rata 79,9, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional mendapatkan nilai tertinggi 84, terendah 60, dan ratarata adalah 71 dan itu membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa dengan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square (kelas eksperimen) lebih tinggi dari nilai aktivitas belajar siswa tanpa menerapkan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square (kelas kontrol). Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, peneliti menemukan bahwa melalui proses interpolasi diperoleh nilai t = 4,540 dan lebih besar dari t tabel , artinya 2,03<4,540>2,72, maka H a hitung (hipotesis alternative) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square terhadap aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu pada sub pokok bahasan pemanasan global pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi.