ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI
Main Authors: | Mia Rima Agustina, TB140472, Alfian, Alfian, Suraida, Suraida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1035/1/TB.140472%2CMIA%20RIMA%20AGUSTINA%2C%20Pendidikan%20Biologi%20-%20Mia%20Jambi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1035/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 mensyaratkan penggunaa npenilaian autentik (authentic assessment), dimanasiswa dinilai kesiapannya, proses, dan hasil belajar secara utuh. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik di Sekolah Menengah Pertama Negeri Muaro Jambi dan untuk mengetahui apakah penilaian autentik dilaksanakan dengan baik atautik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi dokumentasi, wawancara dan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran biologi yang menggunakan kurikulum 2013 dan siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh guru biology sudah melaksanakan penilaian autentik. Guru sudah melaksanakan penilaian autentik pada saat proses pembelajaran yang meliputi tiga aspek penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun, pada proses pelaksanaan penilaian autentik masih ada beberapa kendala yaitu banyaknya format penilaian yang harus dibuat oleh guru dengan ketersediaan waktu yang guru miliki terbatas sehingga membuat guru kurang maksimal dalam melaksanakan penilaian autentik. Banyaknya aspek yang harus dinilai dalam penilaian Kurikulum 2013, sehingga guru membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penilaian.