PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI
Main Authors: | Anggi Yudistira Pratama, TB140427, Huda, Syamsul, Gusriani, Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1010/1/TB140427%20Anggi%20Yudistira%20Pratama%20Tadris%20Biologi%20-%20Muhammad%20Kurnia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1010/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu Di SMPN 16 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (posttest) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis lembar observasi, pada ranah kognitif belajar siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata tuntas 77,79 dan kelas kontrol mencapai nilai rata-rata tuntas 70,48. Ranah afektif siswa kelas eksperimen mencapai rata-rata 79,14 dan kelas kontrol mencapai rata-rata 78,17. Ranah psikomotorik siswa kelas eksperimen mencapai rata-rata 83,90 dan kelas kontrol mencapai rata-rata 80,66 . Berdasarkan analisis hasil uji âtâ menunjukkan nilai T hitung lebih besar dari T tabel pada taraf 5% = 2,00. Perbedaan hasil uji yaitu 2,44 > 2,00 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran example non example. Hal ini berarti model example non example berpengaruh secara siknifikan terhadap hasil belajar IPA Terpadu pada materi Sistem Tata Surya.