PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MUARO JAMBI
Main Authors: | Pitri Kumala Sari, TB140492, Adnan, Latifah, Nofriadi, Nanang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1004/1/TB140492_%20PITRI%20KUMALA%20SARI_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Pitri%20Sari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1004/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasy Experiment Design yaitu Posstest-Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Setelah dilakukan tes, didapatkan hasil nilai tertinggi siswa kelas eksperimen adalah sebesar 80 dan nilai terendah siswa adalah sebesar 55. Dari hasil tersebut didapatkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen ini mencapai 67,8. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil nilai tertinggi siswa adalah sebesar 75 dan nilai terendah siswa adalah sebesar 50. Dari hasil tersebut didapatkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen ini mencapai 58,25. Hasil analisis data didapatkan nilai hasil interprestasi dari t tabel menunjukkan bahwa hasil t o > t tabel yaitu 3,45 > 2,20 , maka H a diterima H o ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan mean yang signifikan antara kelas yang diterapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek, sehingga dapat dinyatakan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada materi bunyi dan pendengaran manusia serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari.