Implementasi Walk Through Audit di BPJS Kesehatan Kantor cabang Jakarta Utara Tahun 2018
Main Authors: | Ardiyanti, Rika / Pembimbing: Soewondo, Prastuti / Penguji: Nurwahyuni, Atik, Cindy Zivani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Depok: FKMUI, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-8/131564-Rika Ardiyanti-Skripsi-FKM-Full Text-2019.pdf http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-8/131564-Rika Ardiyanti-Skripsi-FKM-Naskah Ringkas-2019.doc |
Daftar Isi:
- BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan nasional mengupayakan peningkatan mutu pelayanan kesehatan untuk peserta. Salah satu caranya adalah melakukan survei kepuasan yang disebut Walk Through Audit (WTA). Tujuan dari WTA adalah terhimpunnya data kepuasan peserta yang sesuai dengan Sasaran Pokok Peta Jalan JKN tahun 2019, yaitu indeks kepuasan peserta 85%. Umpan balik akan diberikan oleh BPJS Kesehatan pada FKTP sehingga diketahui Area of Improvement (AOI) yang dapat ditingkatkan oleh FKTP tiap bulan. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya implementasi WTA di wilayah BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Utara. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pelaksanaan WTA sudah cukup baik namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya terutama masalah komunikasi umpan balik. Perlu adanya sosialisasi dan kajian lebih lanjut untuk mengoptimalkan pelaksanaan WTA. Kata kunci: Walk through audit, BPJS Kesehatan, Implementasi