Faktor-Faktor Penentu Waktu Tunggu Penyerahan Obat Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Mataram
Main Authors: | Sebastian, Andre/ Pembimbing: Iljanto, Sandi/ Penguji: Savitri, Mieke, Purnawan Junadi, Herman Mahaputra, Budi Hartono |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Depok: FKMUI, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Tesis-FKM-2018.pdf http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Artikel Jurnal-FKM-2018.docx |
ctrlnum |
30266 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Faktor-Faktor Penentu Waktu Tunggu Penyerahan Obat Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Mataram</title><creator>Sebastian, Andre/ Pembimbing: Iljanto, Sandi/ Penguji: Savitri, Mieke</creator><creator>Purnawan Junadi</creator><creator>Herman Mahaputra</creator><creator>Budi Hartono</creator><type>Thesis:Masters</type><place/><publisher>Depok: FKMUI, 2018</publisher><date/><description>ABSTRAK
Salah satu Standar Pelayanan Kefarmasian di rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu
tunggu pelayanan yang baik berhubungan dengan kepuasan pelanggan, sehingga rumah
sakit harus dapat mengontrol waktu pelayanan untuk mencapai kepuasan pasien. semakin
cepat waktu tunggu pasien, semakin baik juga penilaian terhadap pelayanan kefarmasian
suatu rumah sakit. Lean adalah suatu upaya terus menerus untuk menghilangkan
pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk baik barang
maupun jasa agar memberikan nilai kepada pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di
Instalasi Farmasi RSUD Kota Mataram pada bulan Maret 2018, dengan hasil masih
ditemukan kegiatan yang tergolong non value added (tidak memiliki nilai tambah),
sehingga waktu tunggu rata-rata yang diperlukan dalam proses pelayanan resep obat
menjadi lebih lama (obat kronis non racikan 32,69 menit dan racikan 64,30 menit obat
non kronis non racikan 32,72 menit dan racikan 81,8 menit). Rata-rata waktu tunggu
melebihi peraturan 129/Menkes/SK/II/2008. Usulan perbaikan berdasarkan analisa akar
masalah pada alur proses kegiatan pengerjaan resep, disusun menjadi langkah-langkah
efektif untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan sehingga mencapai target standar
pelayanan yang ditetapkan, yang sesusi dengan keadaan situasi dan kemampuan rumah
sakit serta faktor yang mempengaruhi.
Kata Kunci : Lean, Waktu Tunggu, Kefarmasian
Daftar bacaan : 57 referensi
One of the standard pharmaceutical services in the hospital is the waiting time. The good
service waiting time related with customer satisfaction, so that the hospital must be able
to control the service time to achieve patient satisfaction. The faster the patient's waiting
time, the better assessment of the pharmaceutical services of a hospital. Lean is an
ongoing effort to eliminate waste and increase the value added of both products and
services to deliver value to customers. This research conducted in pharmacy installation
of Mataram general hospital on March 2018, with the results is still found activities that
are categorized as non value added, so that the average waiting time required in the
process of medicine recipe becomes longer (crhonic with no blend take 3.69 minutes and
chronic with blend take 64.30 minutes, non-chronic no blend take 32,72 minutes and non
chronic with blend take 81.8 minutes). The average of waiting time exceeds regulation of
Ministry of Health number 129/Menkes/SK/II/2008. The proposed improvement based
on the root problem analysis of process the recipe work, is structured into effective
measures to reduce waiting time so could achieve the targeted service standard, which is
appropriate with the situation and the ability of the hospital as well as the influencing
factors.
Key words : Lean, waiting time, pharmaceutical
Reference list : 57 Reference</description><subject>Kajian Administrasi Rumah Sakit</subject><identifier>130266</identifier><source>http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Tesis-FKM-2018.pdf</source><source>http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Artikel Jurnal-FKM-2018.docx</source><recordID>30266</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis |
author |
Sebastian, Andre/ Pembimbing: Iljanto, Sandi/ Penguji: Savitri, Mieke Purnawan Junadi Herman Mahaputra Budi Hartono |
title |
Faktor-Faktor Penentu Waktu Tunggu Penyerahan Obat Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Mataram |
publisher |
Depok: FKMUI, 2018 |
topic |
Kajian Administrasi Rumah Sakit |
url |
http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Tesis-FKM-2018.pdf http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-1/130266-Andre Sebastian-Artikel Jurnal-FKM-2018.docx |
contents |
ABSTRAK
Salah satu Standar Pelayanan Kefarmasian di rumah sakit adalah waktu tunggu. Waktu
tunggu pelayanan yang baik berhubungan dengan kepuasan pelanggan, sehingga rumah
sakit harus dapat mengontrol waktu pelayanan untuk mencapai kepuasan pasien. semakin
cepat waktu tunggu pasien, semakin baik juga penilaian terhadap pelayanan kefarmasian
suatu rumah sakit. Lean adalah suatu upaya terus menerus untuk menghilangkan
pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk baik barang
maupun jasa agar memberikan nilai kepada pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di
Instalasi Farmasi RSUD Kota Mataram pada bulan Maret 2018, dengan hasil masih
ditemukan kegiatan yang tergolong non value added (tidak memiliki nilai tambah),
sehingga waktu tunggu rata-rata yang diperlukan dalam proses pelayanan resep obat
menjadi lebih lama (obat kronis non racikan 32,69 menit dan racikan 64,30 menit obat
non kronis non racikan 32,72 menit dan racikan 81,8 menit). Rata-rata waktu tunggu
melebihi peraturan 129/Menkes/SK/II/2008. Usulan perbaikan berdasarkan analisa akar
masalah pada alur proses kegiatan pengerjaan resep, disusun menjadi langkah-langkah
efektif untuk mengurangi waktu tunggu pelayanan sehingga mencapai target standar
pelayanan yang ditetapkan, yang sesusi dengan keadaan situasi dan kemampuan rumah
sakit serta faktor yang mempengaruhi.
Kata Kunci : Lean, Waktu Tunggu, Kefarmasian
Daftar bacaan : 57 referensi
One of the standard pharmaceutical services in the hospital is the waiting time. The good
service waiting time related with customer satisfaction, so that the hospital must be able
to control the service time to achieve patient satisfaction. The faster the patient's waiting
time, the better assessment of the pharmaceutical services of a hospital. Lean is an
ongoing effort to eliminate waste and increase the value added of both products and
services to deliver value to customers. This research conducted in pharmacy installation
of Mataram general hospital on March 2018, with the results is still found activities that
are categorized as non value added, so that the average waiting time required in the
process of medicine recipe becomes longer (crhonic with no blend take 3.69 minutes and
chronic with blend take 64.30 minutes, non-chronic no blend take 32,72 minutes and non
chronic with blend take 81.8 minutes). The average of waiting time exceeds regulation of
Ministry of Health number 129/Menkes/SK/II/2008. The proposed improvement based
on the root problem analysis of process the recipe work, is structured into effective
measures to reduce waiting time so could achieve the targeted service standard, which is
appropriate with the situation and the ability of the hospital as well as the influencing
factors.
Key words : Lean, waiting time, pharmaceutical
Reference list : 57 Reference |
id |
IOS7064.30266 |
institution |
Universitas Indonesia |
affiliation |
hellis.onesearch.id |
institution_id |
51 |
institution_type |
library:university library |
library |
Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (pusinfokesmas) FKM UI |
library_id |
2376 |
collection |
Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (Pusinfokesmas) FKM UI |
repository_id |
7064 |
city |
KOTA DEPOK |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS7064 |
first_indexed |
2019-04-01T07:42:31Z |
last_indexed |
2019-04-01T07:42:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674696342310486016 |
score |
17.538404 |