Perbedaan Proporsi Usia, Tingkat Pendidikan dan Faktor Lainnya Dengan Tingkat Literasi Gizi Pada Ibu Siswa Sekolah Dasar di Jakarta Timur Tahun 2018

Main Authors: Fahiroh, Nur Zakiyah/ Pembimbing: Syafiq, Ahmad/ Penguji: Setiarini, Asih, R. Giri Wurjandaru
Format: Bachelors
Terbitan: Depok: FKMUI, 2018
Subjects:
Online Access: http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-2/130112-Nur Zakiyah fahiroh-NASKAH RINGKAS-FKM-2018.docx
http://lib.fkm.ui.ac.id/file?file=digital/2019-2/130112-Nur Zakiyah Fahiroh-Skripsi-Fulltext-FKM-2018.pdf
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi ini meneliti tingkat literasi gizi fungsional, interaktif dan kritikal yang dapat menggambarkan tingkatan kemampuan individu untuk memperoleh, menerima dan membuat keputusan gizi yang sesuai pada ibu siswa sekolah dasar. Faktor-faktor yang duji beda proporsinya adalah usia ibu, tingkat pendidikan, pendapatan keluarga, dan paritas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Data diambil menggunakan kuesioner dengan metode self administered pada 108 responden yang bersedia berpartisipasi dan tidak mengalami kesulitan membaca dan menulis. Variabel yang memiliki perbedaan proporsi yang signifikan adalah tingkat literasi gizi fungsional dengan usia (p value = 0,012) dan tingkat pendapatan keluarga (p value = 0,02), literasi gizi interaktif dengan usia (p value = 0,024) dan pendidikan (p value = 0,035). Kata kunci: Literasi gizi, ibu siswa sekolah dasar, usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, paritas. ABSTRACT This thesis examines the level of functional, interactive and crticical nutrition literacy that can describe the level of individual ability to obtain, receive, anda make appropriate nutritional decisions on tthe mother of elementary school students. Factors analyzed for different proportions were mother‟s age, education level, family income and parity. This research is a quantitative research with cross-sectional study design. Data were colected using quetionnaires with self administered method on 108 respondents who were willing to participate and had no troubling reading and writing. The variables that have significant difference of the proportion are the functional literacy with age (p value = 0,012), and family income (p value = 0,02), the interactive nutritional literacy with age (p value = 0,024) and education (p value = 0,035). Keyword: Nutrition literacy, mother of elementary school students, age, educational level, income level, parity.