PEMBELAJARAN UNIK PADA ANAK YANG MEMILIKI KECERDASAN VISUAL SPASIAL YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR
Main Authors: | Syafrudin, Ulwan, Edwita, Edwita, Sarkadi, Sarkadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
, 2018
|
Online Access: |
http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1231 http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1231/1070 |
Daftar Isi:
- This research is motivated by students who have learning difficulties but have advantages of spatial visual intelligence which has been proven byquestionnaire multiple intelligence. So the purpose of this study to describe how students learn who have spatial visual intelligence who have learning difficulties. This research was conducted at SDIT Harapan Ummat located at Jalan Ksatrian X sub district of Matraman East Jakarta. researchers conducted a study on one of the students in class IV B Muzdalifah in the period of March to June 2018. The research method used in this research is descriptive method, descriptive method is a method of research that seeks to describe and interpret the object in accordance with what it is. Based on the findings of Learning in children who have spatial visual intelligence at SDIT Harapan Ummat Jakarta using the curriculum 2013 but adapted to the ability and disability of children with attention to the differentiation of each individual. In the implementation of this learning includes several stages: (1) Initial Activities, (2) Core Activities, (3) Final Activity. In this research, it can be concluded that teacher strategy in teaching to students who have learning difficulties that have spatial visual intelligence are Mind Mapp and Movie Learning.
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan belajar tetapi memiliki kelebihan yakni kecerdasan visual spasial yang telah dibuktikan dengan angket multiple intelligence. Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana siswa belajar yang memiliki kecerdasan visual spasial yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Harapan Ummat yang terletak di Jalan Ksatrian X kecamatan Matraman Jakarta Timur. peneliti melakukan penelitian pada salah satu siswa di kelas IV B Muzdalifah pada rentang waktu bulan maret sampai bulan juni 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode deskriptif merupakan metode peneltian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Berdasarkan hasil temuan Pembelajaran pada anak yang memiliki kecerdasan visual spasial di SDIT Harapan Ummat Jakarta menggunakan kurikulum 2013 tetapi disesuaikan dengan kemampuan dan ketidak mampuan anak dengan memperhatikan diferensiasi masing-masing individu. Pada pelaksanaan pembelajaran ini meliputi beberapa tahap yakni : (1) Kegiatan Awal, (2) Kegiatan Inti, (3) Kegiatan Akhir. Dalam penelitian ini dapat disimpulka strategi guru dalam mengajar pada siswa yang mengalami kesulitan belajar yang memiliki kecerdasan visual spasial adalah Mind Mapp dan Movie Learning.