Penerapan Buku Ajar Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan

Main Authors: Carolina, Hifni Septina, Hakim, Nasrul, Sari, Tika Mayang, Dewi, Asih Fitriana, Setiawan, Tri Andri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2020
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/article/view/2155
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/bioed/article/view/2155/pdf_1
Daftar Isi:
  • Model Pembelajaran berbasis Search, Solve, Create & Share merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk belajar benda nyata di lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku ajar berbasis model pembelajaran berbasis Search, Solve, Create & Share untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain non ekuivalen grup control. Kelas terdiri dari 63 siswa, yaitu 32 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas control. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuisoner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa termasuk dalam kategori cukup (kelas eksperimen) dan kategori kurang baik (kelas control). Hal ini menandakan ada pengaruh signifikan dari penggunaan SSCS pada sikap siswa