MODEL KOOPERATIF TIPE STAD, HASIL BELAJAR, KOLOID,MATERI KIMIA, HASIL BELAJAR KIMIA

Main Author: Siregar, Emmi Juwita
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/88
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/88/53
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan  modelKooperatif Tipe Stad Tehadap Hasil Belajar Siswa kimia Pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.Perhitungan penggunaan model kooperatif tipe STAD di peroleh nilai rata-rata 85% berada pada kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa materi koloidsebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di peroleh nilai rata-rata 58,22 yang berada pada ketogori “Cukup”. Sedangkan hasil belajar siswa materi koloid setelah  menggunakan model kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 80,63 yang berada pada kategori “Sangat baik”. Berdasarkan Hasil perhitungan yang dilakukan diperole thitung = 15,03 apabila dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 2 =45 – 2 = 43. Maka diperoleh nilai thitung = 15,03 lebih besar dibanding  ttabel = 1,67 atau (15,03> 1,67). Hipotesis diterima. Artinya “Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Penggunaan ModelKooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar kimia Siswa Materi koloiddi Kelas XI SMA Negeri Negeri 6 Padangsidimpuan.