PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Main Author: Rozi Nasution, Sari Wahyuni
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/85
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/85/51
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dan untuk menilai pengaruh pembelajaran inquiry terpandu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa fisika. Penelitian ini menggunakan eksperimen benar dengan rancangan kelompok kontrol acak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai data pendukung. Data kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test di SPSS 22. Hasilnya menunjukkan 1) pembelajaran inquiry terpandu dapat digunakan untuk melatih keterampilan proses sains siswa. Istilah tersebut dibuktikan dengan persentase peningkatan kemampuan proses sains siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga dan jika dikategorikan dalam kriteria keterampilan proses sains sudah cukup baik, 2) pembelajaran tuntas belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan (satu ekor) sebesar 0,0015 atau ≤ 0,05. Penelitian dapat disimpulkan bahwa: keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran inquiry terpilah dikelompokkan menjadi kriteria yang baik dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah belajar fisika dengan menggunakan model inquiry inquiry lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa setelah belajar fisika dengan menggunakan model yang biasa di SMA.
  • The research aimed to describe of science process skills students and to assess the effect of guided inquiry learning to physics critical thinking skills students. The research used true experimental with randomized control group only design. Data collection methods used in this research is test, observation, documentation, and interview as supporting data. The data of student’s critical thinking skills were analized by using Independent Sample T-Test in SPSS 22. The results showed 1) guided inquiry learning can be used to train students’ science process skills. The term proved by percentage increase in science process skills of students from the first meeting until third meeting and if the categorized in science process skills criteria already quite good, 2) guided inquiry learning significant effect on students’critical thinking skills. It can seen from the significant value (one-tailed) of 0,0015 or ≤ 0,05. The research can be concluded that: the students' science process skills during guided inquiry learning was classified into good criteria and the student’s critical thinking skills after learning physics using guided inquiry model better than the student’s critical thinking skills after learning physics using the usual model in Senior High School.