PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Main Author: siregar, eva yanti
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2018
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/699
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/699/247
Daftar Isi:
  • The current learning process tends to be memorized. Students should use thinking activities to rediscover knowledge but what happens is memorizing concepts in learning activities. The low ability of students to think mathematically, especially logical thinking, is often found in the analysis of learning outcomes. Logical thinking is the ability to use thinking power systematically to produce a correct conclusion. Optimizing students 'thinking activities through providing real-world problems that are close to students so that concepts as if rediscovered through Realistic Mathematics Education (RME) are an alternative in improving students' Logical Thinking Ability. This research is a study of the improvement of mathematical logical thinking ability of students' given RME. The study design used pretest posttest control group design. The study was carried out on students' of class VII Padangsidimpuan Middle School 6 which involved 2 sample classes namely class VII-1 as an experimental group and Class VII-2 as a control group. Data analysis used is N-gain test and T-Test Test. Through the tests carried out, it can be concluded that the increase of mathematical logical thinking ability students' who were given RME (N-Gain = 0.42) Furthermore, there was a significant difference in the improvement of mathematical logical thinking ability students who were given RME with mathematical logical thinking ability students' with ordinary learning.
  • Proses belajar saat ini cendrung masih bersifat hapalan. Siswa seharusnya menggunakan aktivitas berpikir untuk menemukan kembali ilmu pengetahuan namun yang terjadi adalah menghapal konsep-konsep dalam kegiatan pemebelajaran. Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa khususnya berpikir logis merupakan hal yang sering ditemukan dalam analisis hasil pembelajaran. Berpikir logis merupakan kemampuan menggunakan daya pikir secara sistematis untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang benar. Mengoptimalkan aktivitas berpikir siswa melalui pemberian permasalahan dunia nyata yang dekat dengan siswa sehingga konsep-konsep seakan-akan ditemukan kembali melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan alternatif dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika (KBLM) siswa. Penelitian ini merupakan kajian terhadap peningkatan KBLM siswa yang diberi PMR. Rancangan penelitian mengunakan pretest posttest  control group design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan yang melibatkan 2 kelas sampel yaitu kelas VII-1 Sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji N-gain dan Uji T-Test. Melalui uji yang dilakukan diperoleh simpulan bahwa peningkatan KBLM siswa yang diberi  pembelajaran matematika realistik (N-Gain = 0,42) lebih baik daripada KBLM siswa dengan pembelajaran biasa (N-Gain=0,30) selanjutnya diperoleh perbedaan peningkatan secara signifikan  dari KBLM siswa yang diberi PMR dengan dengan KBLM siswa dengan pembelajaran biasa.