MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT PRO-KONTRA PADA SISWA KELAS VIII.5 SMP NEGERI l SIABU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | Harahap, Idham Khalid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/266 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/266/152 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran PKn di Kelas V1115 SMP Negeri 1 Siabu di mana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahamj materi pembelajaran PKn, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan basil belajar siswa dalam pembelajaran PKn diterapkan Model Pembelajaran Debat Pro -Kontra pada siswa Kelas V1115 SMPNegeri 1 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas V1115 SMP Negeri 1 Siabu. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Dara yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Peneliti'an ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelifian dari setiap siklus yang Lelah dilaksanakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Debat Pro -Kontra menunjukkan adanya peningkatan balk proses pembelaj aran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dan' pencapaian siswa dalam pembelajaran, di mana pada siklus I nilai rata -rata yang diperoleh siswa baru mencapai mencapai mencapai ketuntasan 58% dengan nilai rata-rata siswa 73.16, sedangkan pada siklus 11 menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 79 dengan ketuntasan mencapai 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Debat Pro -Kontra dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas V111.5 SMP Negeri 1 Siabu.