THE EFFECTIVENESS OF THE SETS-ORIENTED GUIDED INQUIRY MODEL LEARNING DEVICES TO TRAIN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS
Main Authors: | Azkiyah, Fardatul, ., Prabowo, ., Munasir |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2179 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2179/1144 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis dan respons peserta didik terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik, sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Uji coba terhadap perangkat pembelajaran dilakukan pada 75 peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda menggunakan metode one grup pre-test post-test design experimental. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran SETS dengan kategori tinggi. Selain itu, sebagian besar peserta didik memberikan respons positif terhadap komponen pembelajaran dan menunjukkan minat yang baik untuk mengulangi pembelajaran dengan pendekatan SETS. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik .