PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA SEJARAH

Main Authors: Asra, A.Andriyani, Talib, Jihad
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2140
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2140/1110
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan peningkatan proses dan keterampilan menulis teks cerita sejarah bentuk video melalui media powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/ evaluasi dan refleksi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Bantaeng, Kelas XII IPA1, dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan, hasil observasi siklus 1 siswa yang aktivitasnya dalam kategori baik sejumlah 67%, kategori cukup 28%, dan kategori kurang 5%. Pada siklus II, siswa yang aktivitasnya baik sebanyak 88%, kategori  cukup 11%, pada kategori kurang 1%. Hasil menyusun teks cerita sejarah siswa dalam bentuk video mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 62%  meningkat menjadi 90%. Sebaliknya, siswa yang tidak tuntas sebanyak 38% menurun menjadi 10%. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sudah melampaui kriteria yang diharapkan yaitu 85% siswa mencapai KKM.