INTEGRASI PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN MICROTEACHING DI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS QOMARUDDIN
Main Authors: | Triyana, Illah Winiati, Wildani, Junaidah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2108 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2108/1108 |
Daftar Isi:
- This study aims to integrate formative assessment into microteaching course and to know students’ response toward the integration of formative assessment into microteaching course. To achieve these goals, the researcher applied pra-experimental research design in the type of one-shot case study with the subject of this study is students from mathematics education study program in semester six 2019-2020 academic year. The instrument used to collect the data for is student questioner which has been validated by two experts. The result of data analysis shows that formative assessment has been very well integrated to microteaching learning and 100% students agreed and very agreed that formative assessment helps them in knowing what to do to achieve their knowledge and skill target. 95,85% students agreed and very agreed that formative assessment helps them in knowing their knowledge and skill target. 93,75% students agreed and very agreed that through the integration of formative assessment, they are motivated to improve their knowledge and skill. 93,7% students agreed and very agreed that formative assessment helps them knowing what they know and what they skilled. 91,68% students agreed and very agreed that through integration of formative assessment they become independent learners.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan penilaian formatif pada matakuliah microteaching dan mengetahui respon mahasiswa calon guru terhadap integrasi penilaian formatif pada pembelajaran microteaching. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan desain penelitian penelitian pra-experimental dengan jenis desain one-shot case study dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Matematika Universitas Qomaruddin tahun akademik 2019-2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket respon mahasiswa yang sebelumnya telah dinyatakan valid oleh dua orang ahli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penilaian formatif terintegrasi dengan sangat baik pada pembelajaran microteaching dan 100% mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa integrasi penilaian formatif pada pembelajaran bermanfaat dalam membantu mahasiswa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencapai target pengetahuan dan keterampilan. 95,85% mahasiswa menyatakan setuju atau sangat setuju bahwa integrasi penilaian formatif membantu mengetahui target kemampuan dan keterampilan yang harus dicapai. 93,75% mahasiswa setuju dan sangat setuju bahwa penilaian formatif dapat memotivasi mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. 93,7% mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa penilaian formatif membantu mereka mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilannya. 91,68% mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa dengan integrasi penilaian formatif, mereka merasa menjadi pebelajar yang mandiri.