EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Main Author: Siregar, Emmi Juwita
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1897
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1897/995
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan  melihat gambaran penerapan strategi pembelajaran PQ4R efektif dalam  peningkatan hasil belajar kimia siswa untuk materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian dilakukan  mulai bulan Februari-Mei 2020. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan berjumlah 103 orang. Teknik pengambilan sampel : Claster Sampling, serta sampel adalah kelas XI MIA-4 berjumlah siswa 23 orang. Instrumen penelitian yang dipakai : observasi dan tes. Analisis deskriptif didapatkan  nilai rata-rata pelaksanaan strategi pembelajaran PQ4R mencapai 80,17 tergolong kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar siswa sebelum memakai strategi pembelajaran PQ4R mencapai nilai rata-rata 33,91 tergolong  kategori “Gagal”. Hasil belajar siswa sesudah menerapkan  strategi pembelajaran PQ4R mencapai nilai rata-rata sebesar 78,48 tergolong  kategori “Baik”.Menggunakan uji N gain dalam melihat keefektifan strategi pembelajaran PQ4R terhadap  peningkatan hasil belajar kimia dalam  materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan pada nilai 67 tergolong pada interprestasi efektivitas “Sedang”. Pada analisis statistik inferensial  memakai rumus uji “t-test”. Hasil perhitungan yang dilakukan didapatkan  nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.Hipotesis alternatif yang diajukan diterima / disetujui kebenarannya. Penerapan strategi pembelajaran  PQ4R efektif  terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa di kelas XI MIA SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.