PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS LEARNING CYCLE7E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Authors: Puspitasari, Hasanah Rini, ., Mustaji, Setyowati, Raden Roro Nanik
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1800
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1800/921
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Learning Cycle7E untuk siswa kelas IV sekolah dasar dalam mata pelajaran PPKn. Tujuan Penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Learning Cycle7E. Desain penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Dick and Carey, uji coba lapangan dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran secara deskriptif kualitatif dengan teknik presentase serta analisis infrensial melalui penghitungan N-gain yang ternormalisasi. Hasil dari kualitas produk perangkat pembelajara  pada aspek kevalidan mencapai rata-rata 3,5 sehingga dapat disimpulkan produk tersebut valid dan layak digunakan. Kualitas produk pengembangan berdasarkan aspek kepraktisan meliputi keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran oleh guru dan siswa yang mencapai 86% dan 82% dengan kategori terlaksana sangat baik, kualitas produk pengembangan berdasarkan aspek keefektifan didasarkan pada adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil posttest siswa setelah mengikuti pembelajaran PPKn berbasis Learning Cycle7E dibandingkan hasil pretest sebelum pembelajaran. Meliputi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar yang semula 65% menjadi 90% dan peningkatan ketuntasan klasikal berpikir kritis siswa yang semula 23% menjadi 94%. Penghitungan n-gain untuk peningkatan hasil belajar mencapai 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan n-gain untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0, 57 dengan kategori sedang. Yang artinya ada perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan perangkat pembelajaran PPKn berbasis Learning Cycle7E.