EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA
Main Author: | Luahambowo, Baspuri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1688 http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1688/835 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukan siswa yang mempunyai keterampilan belajar yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa yang suka membolos, catatan kurang lengkap, menyontek saat ujian, siswa cenderung bersikap tidak aktif atau tidak mengajukan pertanyaan apabila ada materi yang kurang dimengerti, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai ujian di bawah kriteria ketuntasan minimal. Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan keterampilan belajar siswa adalah memberikan layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment bentuk non equivalent control group. Subjek penelitian adalah 23 siswa pada kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok kontrol di SMP Negeri 1 Telukdalam. Instrumen yang digunakan adalah instrumen keterampilan belajar model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan statistik teknik Wilcoxon Signed dan teknik Kolmogorov Smirnov 2 Independent Sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.